Trancam

Tiba-tiba saja saya pengen sekali makan trancam super lengkap dimana ada daun pepaya mentah, daun kenikir mentah, daun kencur muda, daun lempuyang muda, kacang panjang, mentimun, kemangi, dan dengan bumbu mentah dari parutan kelapa muda yang dicampur dengan ulekan cabe merah, bawang putih, kencur, gula merah, daun jeruk purut, garam dan gula merah, WOOOOW, What…

Jamur Barat Bumbu Teriyaki

Hari jumat itu selalu bikin hati ceria, pulang cepat, dan besoknya libur 2 hari. Tetapi hari ini ada yang lebih membuat berbunga-bunga, pasalnya, pas nyape rumah, naruh tas, dan ke kebun belakang nyari bapak  ternyata bapak menyapu kebun. Baru juga nyapa bapak, mata saya tertuju pada benda putih dibawah rumpun bambu, ah… rejeki , rupanya…

Bolu pisang raja panggang

Belakangan ini saya dimanjakan dengan hasil kebun yang melimpah, ubi jalar madu, pepaya juga pisang raja, nah, khusus untuk bulan Oktober ini, sedang dihadiahi oleh Tuhan setandan besar pisang raja yang harum baunya ketika masak. Berhubung dirumah cuma berdua dengan Bapak,  rasa-rasanya akan lama waktu yang dibutuhkan untuk ngabisin pisang, akhirnya ada ide membuat cake…

Membuat Cendol sendiri

Sudah hari ke 10 ramadan dan masih belum tergoda untuk jajan minuman ataupun makanan penyegar yang banyak dijual orang saat ramadan begini. Alhamdulillah, masih setia dengan teh hangat, kurma dan sesekali membuat sup buah sendiri. Dan kali ini, berhubung masih punya stok tepung tapioka, tepung sagu, spirulina flakes, dan cincau hijau, saya membuag sendiri cendol…

Soto daging sapi ala Esbea

Akhirnya, saya bisa buat soto sendiri, menu sarapan spesial kanjeng romo dan adhi lanang yang sedari habis subuh sudah bergelut dengan lumpur disawah. Sudah bebrapa minggu saya pengen buat soto sendiri, dan bumbunya ngracik sendiri. Setelah beberapa kali menyambangi peracik bumbu dapur di pasar dan nanya-nanya akhirnya saya dapat meracik bumbu soto sebagai berikut :…

Bubur Manado Minus Daun Gedi dan Labu

Minggu ini kesehatan lagi kacau-kacaunya, setelah sekian tahun tidak pernah sakit , bahkan mungkin ini sakit paling serius yang pernah saya alami sepanjang hidup saya, saya dapat ‘warning’ dari dokter untuk tidak lagi makan dan minum yang instan-instan, atau masalah pencernaan akan terus berlanjut. Alhamdulillah, saat ini saya punya kebun kecil yang bisa menjadi sumber…

Perkedel jagung ala Esbea

Iseng disaat libur, kebetulan punya banyak jagung manis dirumah, dan ponakan merengek minta nugget, ya udah dibuatin ‘nugget’ ala dudedudi aja …. padahal lebih tepatnya ini perkedel, dan alhamdulillah Cempluk doyan banget… Bahan : 1. Jagung manis ukuran sedang, 4 buah 2. Telur 1 butir 3. Terigu 3 sdm 4. 1 siung bawang putih 5.…