Mandi Rempah Tanpa Ke SPA

Beberapa hari ini badan saya terasa capek, pulang kantor rasanya kayak habis digebukin, lemes. Sudah diurut dengan minyak hangat, tetep tidak berasa segar. Daripada capek berkepanjangan, akhirnya saya mandi rempah  dengan resep warisan alm. Nenek . Bahannya cukup murah dan mudah didapat, bahkan beberapa bisa saya dapatkan di kebun, dan yang pasti gak harus antri di SPA.

Ini bahan-bahannya :

  1. Kayu secang serut 1 genggam
  2. Adas pulowaras
  3. Kayu angin
  4. Kayu manis
  5. Temu lawak
  6. Temu hitam
  7. Temu mangga
  8. Temu hiring
  9. Jahe
  10. Cengkeh

Cara menggunakan:

cuci bersih empon-empon kemudian iris tipis-tipis miring
masukkan semua bahan kedalam panci dan rebus hingga mendidih kemudian saring.
tuang ke bak mandi dan tambahkan air dingin hingga hangat hangat kuku dan gunakan untuk berendam

agar hasil lebih optimum, mandi dengan sabun biasa dulu sebelum berendam, dan setelah berendam, tidak perlu bersabun lagi.
pengalaman saya, setiap kali abis mandi rempah, badan saya lebih segar, tidur lebih nyenyak, dan keringat tidak bau

satu resep ramuan rempah mandi dapat dipakai untuk 3 kali mandi, biasanya saya setelah disaring, saya dinginkan dan saya simpan di kulkas dan sudah seminggu ini, setiap 2 hari sekali saya mandi air hangat dengan rempah ini.

kadang-kadang saya menambahkan bunga-bunga, daun sirih, daun pandan dan lengkuas agar berbau harum, atau saya juga menambahkan jahe dan cengkeh ketika badan saya sangat capek dan sulit tidur.

 

Leave a Reply

