Bagikan Sesuatu Yang Positif, Beroleh Energi Positif

Sebulan lalu saya membuat postingan di facebook tentang aquaponic, budidaya tanaman sayuran di lahan sempit dan dipadukan dengan memelihara ikan. Saya sengaja membuat postingan tersebut untuk memudahkan saya ketika mencari ide dalam kegiatan berkebun.

image

Tidak saya duga, dalam hitungan 3 hari  postingan saya sudah di share lebih dari 30.000 orang. Suatu malam di bulan maret, seorang sahabat yang bermukim di Pekanbaru mengirimkan pesan lewat BBM

Proud of you mbak, postinganmu yang inspiratif itu di share kemana-mana, ini di siakap keli juga ada, dan aku lagi diskusi dengan bangga mengatakan aku kenal yang posting itu, hahah

Wuih, kaget saya, saya tidak mengira kalau bakalan seperti itu, hari-hari berikutnya, facebook saya banjir friend request  dan message orang dari banyak negara. Ketika saya approve semuanya, saya berkenalan dengan satu keluarga Filipina yang berprofesi sebagai Kitchen garden desainer, berkenalan dengan homegardener super keren dan landscaper handal, disamping ratusan pecinta berkebun tentunya. Dan sampai tepat 1 bulan setelah saya posting, dari wall saya saja sudah di bagikan sebanyak 67.000 kali lebih. Dan posting saya yang lain juga hampir sama, puluhan ribu share dalam waktu sebulan

image

Saya juga mendapat banyak masukan ide dari orang-orang yang berkompeten dalam dunia berkebun, bisa diskusi panjang dan lebar tentang iklim, landscaping dan fisiologi tanaman yang tidak sepenuhnya saya kuasai, bahkan saya mendapat rekomendasi berbagai buku yang bisa saya baca untuk memperkaya wawasan saya. Dengan share hal positif kecil saja, saya merasa begitu banyak mendapat wawasan baru, energi baru.

Memang saya sudah hampir 6 bulan ini berusaha membatasi interaksi saya di group-group di fb, bbm, maupun wa yang isinya cuma debat kusir, bullying atau sekedar omong kosong, sekedar menghabiskan waktu. Kalaupun tidak sampai keluar dr group saya hanya sebagai silent reader, men-set notifikasi, dan membuka jika benar-benar selow. Dulu setiap posting joke, atau kejadian-kejadian yang sering dikomentarj itu rasanya menjadi orang populer, but i got nothing, cuma ngabisin waktu, kadang kalau ada yang keladuk/kelewatan bicara, ujung-ujungnya tidak baik bagi mood dan mental saya hahaha. Memang bukan perkara mudah meninggalkan cuap-cuap gak penting di medsos, tetapi dengan berpegang pada prinsip KATAKAN YANG BAIK ATAU DIAM , semuanya akan terasa mengalir.
Saya tidak ingin populer dengan postingan saya, saya juga tidak ingin dianggap pintar karena saya hanya brrusaha membagikan apa hang saya pelajari, saya baca, siapa tahu orang lain juga ingin mempelajarinya juga. saya  tidak menginginkan pujian, tetapi setidaknya apa yang saya share tidak menimbulkan diskusi yang tidak terkendali, tidak fokus, menyebabkan seseorang menfitnah atau di fitnah dan hal buruk lain yang mungkin terjadi.

Semoga tulisan ini, menjadi pengingat saya untuk selalu menyebarkan hal-hal baik agar kebaikan dan energi positif dalam kehidupan ini juga selalu berpihak kepada saya… aamiin. 🙂

Leave a Reply

