2 bulan sudah

image

Tidak terasa, hari ini tepat 2 bulan ibu pergi, hari-hari terlewati hanya berdua dengan bapak.  Sudah beberapa hari ini bawaannya melow melulu, sering sekali sekelebatan teringat ibu. Mencuci piring di dapur pun kadang masih suka ngerasa ibh ada dibelakang saya memasak.  Pas curhat sama bapak, jawabnya “ah, ini karena pas wetonmu, makane perasaanmu suka nganeh-anehi”… ah sudahlah bapak malah mulai ceramah .
Terlepas besok adalah hari lahirku (dalam hitungan hari jawa) atau bukan, yang jelas, beberapa hari ini, sosok ibu benar-benar memenuhi pikiran. Puluhan perandai-andaian memenuhi kepala
*andai ibu masih, pasti dia akan mengerti resah yang saat ini kurasakan
*andai ia disampingku, pasti dia memberi pertimbangan pertimbangkan untukku mengambil langkah
* pasti malam ini dia masih mengusapkan tangannya dikepalaku
*pasti dia akan melingkarkan tangannya dan memelukku hingga aku merasa damai,

Kalau saja masih ada, pasti akan banyak hal hang kuceritakan padanya, Ibu, aku bisa ini, aku barusaja melakukan ini, aku bertemu dengan ini, aku bisa melakukan yang selama ini ibu ajarkan, aku bisa jadi lebih baik dalam ini dan itu, ah…. begitu banyak hal terjadi setelah kepergiannya, mungkin waktu semalam tak kan cukup.

Semoga ibu damai disisi-Nya, tak seharusnya aku mengusiknya dengan masalahku didunia ini, dengan keluh kesahku, karena Alloh telah membebaskannya dari rasa sakit, memeluknya… bisa jadi Ibu juga telah bersama-sama di sana bersama adik laki-lakiku. Doa terbaikku untuk kalian berdua.

Leave a Reply

