Kelonan Sama Hape

Ughm, lama gak coret coret di blog ini.. ya wis lah, nyampah dulu sebelum tidur, biar sampahnya gak kebawa mimpi.
Beberapa menit yang lalu, kanjeng romo nanyain hapenya dimana, ahihi, hapenya barusan saya kekepin, alias saya sabotase, buat nelpon si Adek (biar pulsa di hape saya awet, dan pulsa kanjeng romo yang melimpah ruah berkurang).
Saya perhatikan, sejak Ibu seda, gaya hidup kanjeng romo sedikit berubah. Dulu cuek saja hape diletakkan dimana, orangnya tidur dimana, sekarang gak afdol rasanya kalau tidur tidak ngelonin(*baca nyanding)hape.  Ketika saya nanya kenapa sih mesti nyanding hape, jawabannya bikin mrebes nih air mata, “dulu ibumu yang bangun nya selalu tepat waktu jam 3 pagi,aku gak bakalan kesiangan bangun, lha sekarang,yang bangunin aku ya hape ini,kalau gak sapi dan ayamku telat sarapan”.
Aishhh….. kanjeng romo lebih takut ayamnya lapar dan kalau sapinya telat makan bubur daripada peduliin aku kelaparan apa nggak. ***upsss, kok jadi cemburu sama sapi dan ayam gini…

Kalo dipikir pikir,alasan kanjeng romo ngelonin hape ada benernya juga. Semua harus berubah, dulu waktu masih sugeng, ibu itu andalan, bangun paling pagi tanpa alarm, nyiapin wedang dan sarapan buat kanjeng romo lalu bangunin semua penghuni rumah sebelum adzan subuh.
Sekarang, kanjeng romo ngelonin hape,ketika jam 3 pagi alarm berbunyi, dia akan nengok ke kamar saya, kalau lampu belum nyala, dia akan ketuk pintu sampai saya teriak “Iya”. Abis itu biasanya kanjeng romo balik kekamarnya, dan saya kedapur nyalain kompor, masak air, dan ke kamar kecil gosok gigi, cuci muka lanjut wudhu. Biasanya saat adzan pertama, air sudah mendidih, teh sudah diseduh dan saya tinggal menikmati waktu saya berduaan dialog sama DIA sampai subuh tiba. Sementara kanjeng romo akan keluar kamar ketika adzan subuh berkumandang.

Kalau kami berdua sedang waras, kami punya banyak waktu untuk ngobrol didapur sebelum langit terang sambil minum teh, dan buat saya ini inisiasi, sedikit demi sedikit meleburkan suasana agar jauh lebih dekat dan lebih bicara dari hati ke hati yang selama ini saya lalukan lebih banyak dengan ibu. pelan tapi pasti saya sudah mulai berani curhat, tentang kerjaan, keseharian, teman, dan *mungkin nanti bisa curhat urusan pria idaman 😆.

Biarpun kanjeng romo sekarang ngelonin hape, mesti saya tanamkan dalam pikiran saya kalau tidak bermaksud menjadikan hape sebagai pengganti ibu, kwkkwkw. Tapi lebih bagaimana berusaha kehidupan kami tidak amburadul selepas ibu tiada, dan kami tidak keburu buru mengawali hari kayak maling kesiangan lalu saya berangkat kekantor kesetanan sambil ngos-ngosan terus karena terlambat setor jempol di mesin fingerspot.

Leave a Reply

