Pengalaman Kesalahan Gender dalam Pemesanan Tiket Air Asia

Saya berencana melakukan perjalanan backapcking, tiket untuk saya sih sudah terbeli, dan tentu saja tiket promo dari maskapai airasia, idola para backpacker. Awalnya saya berencana untuk bersolo backpacking, tetapi semalam seorang teman tertarik untuk melakukan perjalanan yang sama, tetapi dia mengalami kesulitan dalam melakukan online booking. Setelah bercakap-cakap di BBM, akhirnya, saya yang melakukan booking untuknya. Voilla, seneng seeh… dapat low cost juga.
Ketika tiket dikirim ke email saya dan … taraaa… gender teman saya yang seharusnya Ms, ternyata Mr, akibat kekurangtelitian saya saat melakukan booking. Panik… yaiya laaah, takut kalau tiket angus, takut ngecewain temen dll. Saya mencoba mengubah dr web, ternyata tak bisa, nanya mbah google berkali-kali, ternyata banyak sekali masalah sejenis, dan cara penyelesakannya pun berbeda beda tergantung maskapai nya. Cara yang dilakukan orang saya ikuti semua
1. Nulis pertanyaan di field yang disediakan web, hasilnya nihil
2. Mencoba life chat, gagal
3. Ngirim email ke indonesia-support@airasia.com, gak ada jawaban
4. Menghubungi call centre air asia di Jakarta, kata orang susah masuk, tapi saya tadi langsung dapat bicara dengan CS nya, kata CS, saya harus mengirimkan email ke indonesia-suppdoc@airasia.com, tapi saya harus melampirkan copy paspor temen saya karena perjalanan internasional, tetapi karena saya cuma punya ktp temen saya, ya sudah, saya nawar bagaimana dengan ktp, dan dibolehin tapi mereka tidak menjanjikan bisa enggaknya, ya sudah, saya tetap mencoba, dan hasilnya tetep, gak ada jawaban.
5. Saya gak putus asa dengan itu,  browsing lagi dan nemu tweeter @askairasia saya lihat tweetnya aktif sekali, dan hampir semua masalah pelanggan terselesaikan, dan saya hngetweet disitu, gak sampai  10 menit, tweet saya sudah direply dan diminta menginformasikan kode booking, nama penumpang dan sebutan yang benar, dan 5 menit kemudian saya dapat jawaban bahwa tiket sudah dibenarkan, dan sudah dikirim via email. Simple dan gak pake ribet.
Sebuah pelajaran berharga sekali, kalau mau booking tiket online harus ekstra hati-hati dalam memasukkan data, agar tidak harus rempong melakukan pembetulan. O iya, satu hal yang perlu diingat, pembetulan hanya untuk sebutan, bukan untuk nama lho ya ☺.

Leave a Reply

